Metode Pembelajaran Analisis Tugas (Task Analysis)

you you Follow  21 Apr 2018   4 Mins read
Metode Pembelajaran Analisis Tugas (Task Analysis)

Metode Pembelajaran Analisis Tugas (Task Analysis)

Pengertian Analisis Tugas (Task Analysis)

Analisis tugas (Task Analysis) umumnya dipakai untuk mengajarkan tugas tertentu, dan sangat dibutuhkan dalam mengajar anak tunagrahita karena mereka tidak dapat mempelajari tugas yang besar-besar. Sejalan dengan hal tersebut Wechman (1981) dalam Astati (2010:43) menyebutkan bahwa analisis tugas adalah “upaya mengadakan rincian dari satu keterampilan khusus menjadi langkah-langkah/tugas kecil yang memungkinkan anak mudah untuk mempelajarinya”. Tugas yang besar diuraikan menjadi bagian-bagian tugas yang kecil dan dilakukan secara bertahap, sehingga hal-hal kecil yang tidak dikuasai anak dapat diketahui.

Tujuan Analisis Tugas (Task Analysis)

Analisis tugas bertujuan untuk memudahkan anak dalam mempelajari atau mengerjakan tugas tertentu. Analisis tugas adalah “merinci atau menguraikan tugas menjadi bagian-bagian yang kecil selanjutnya dapat dilakukan oleh setiap siswa “(PDSKJI, 2003:133). Mengacu pada pernyataan di atas dapat disimpulkan bahwa tujuan analisis tugas adalah menguraikan tugas-tugas yang tadinya terlalu luas menjadi bagian-bagian yang lebih rinci, sehingga diharapkan anak dapat lebih cepat memahami dan mampu mempraktekkannya.

Jenis-jenis Analisis Tugas

Analisis tugas terdiri dari berbagai macam. Salah satunya dikemukakan Suhaeri (2002) dalam Astati (2010:43) bahwa :

ada 3 analisa tugas sesuai sifat tugasnya yaitu: analisis tugas pecahan, analisis tugas aliran, dan analisis tugas generalisasi.

Berdasarkan pernyataan di atas dapat disimpulkan bahwa analisis tugas terbagi menjadi tiga bagian yaitu analisis tugas pecahan, analisis tugas aliran, dan analisis tugas generalisasi.

Contoh Format Instrumen Analisis Tugas

Di bawah contoh format instrumen analisis tugas.

Identitas Anak

  1. Nama : ………………………….
  2. Usia : ………………………….
  3. Jenis Kelamin : ………………………….
  4. Kelas : ………………………….
  5. Mata Pelajaran : ………………………….
NoAspekSub AspekUraian/Item InstrumenDapatDapat Dengan Bantuan VerbalDapat Dengan Bantuan FisikTidak Dapat
1.……………………………………
2.……………………………………
Bergabunglah bersama ArtiPedia, jadilah kontributor, tuangkan tulisan anda disini. Klik daftar untuk memulai. Kontribusi anda akan sangat berarti bagi pembaca. Terima Kasih...
Revisi isi halaman ini dengan tombol edit dibawah, apabila menurut anda ada yang keliru, ada yang perlu ditambahkan atau hal lainnya, dengan tujuan agar isi konten lebih baik lagi. Edit
Tunggu hingga dokumen munculTutup