- TOC
ArtiPedia - Buku yang dibagikan kali ini adalah buku guru bagi satuan pendidikan SMP (SLTP) mata pelajaran IPA kelas 9 (IX).
Buku Guru Kelas IX IPA
Uraian | Keterangan |
---|---|
Mata Pelajaran | IPA |
Jenis | Buku Guru |
Model | Mata Pelajaran |
Satuan Pendidikan | SMP (Sekolah Menengah Pertama) |
Kelas | IX (Sembilan) |
Semester | Ganjil/1 (satu) |
Penulis | Siti Zubaidah, Susriyati Mahanal, Lia Yuliati, I Wayan Dasna, Ardian A. Pangestuti, Dyne R. Puspitasari, Hamim T. Mahfudhillah, Alifa Robitah, Zenia L. Kurniawati, Fatia Rosyida, dan Mar’atus Sholihah. |
Penerbit | Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud |
Jumlah Halaman | 100 hal |
Tahun | Edisi Revisi 2018 |
ISBN | 978-602-282-321-6 |
Isi Buku Guru Kelas 9 Mata Pelajaran IPA
Bagian I: Petunjuk Umum Buku Guru Kelas 9 Mata Pelajaran IPA
Bab 1 IPA Terpadu dan Pembelajarannya
- IPA Terpadu
- Model Pemaduan Bahan Ajar IPA Terpadu
- Pembelajaran IPA Terpadu
- Tujuan dan Karakteristik Pembelajaran IPA Terpadu
Bab 2 Pembelajaran Berbasis Aktivitas dalam Pembelajaran IPA.
- Pembelajaran dalam Kurikulum
- Scientific Approach (Pendekatan Ilmiah).
- Pembelajaran Berbasis Aktivitas.
- Ragam Pembelajaran Berbasis Aktivitas pada Pembelajaran IPA
Bab 3 Penilaian Pembelajaran IPA, Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan .
- Penilaian Pembelajaran IPA
- Pelaksanaan Penilaian
- Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Bab 4 Pemetaan Kompetensi Dasar dan Materi.
Bagian II: Petunjuk Khusus
Petunjuk Pembelajaran Bab 1 : Sistem Reproduksi pada Manusia
- Pengantar
- Kegiatan Pembelajaran.
- Penilaian dan Kisi-Kisi Pencapaian Kompetensi
- Materi Pengayaan
- Interaksi dengan Orang Tua.
- Kunci Jawaban Uji Kompetensi.
- Tugas Proyek
dst…
Kegiatan pembelajaran di buku kelas 9 ini didesain untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) peserta didik melalui aktivitas yang bervariasi sebagai berikut.
- Membuka pelajaran yang menarik perhatian peserta didik seperti membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, permainan, demonstrasi, memberikan masalah, dan sebagainya.
- Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga peserta didik dapat mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
- Memantik pengetahuan peserta didik yang diperoleh sebelumnya agar peserta didik bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu dan yang akan dipelajari.
- Pemberian tugas yang bertahap guna membantu peserta didik memahami konsep.
- Penugasan yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi.
- Pemberian kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.
- Pemberian umpan balik yang akan menguatkan pemahaman peserta didik.
Pertimbangan
Buku ini dipublikasikan di blog ini bermaksud hanya untuk membantu _guru_, _siswa_ dan _orang tua_ yang tidak memiliki buku tersebut dan memerlukannya untuk proses pembelajaran atau bimbingan baik di sekolah maupun di rumah.
Bagi anda yang berkeinginan mengunduh buku ini niatkanlah dalam hati anda untuk mempergunakannya sebagaimana mestinya bukan untuk diperjualbelikan atau dikomersilkan.
Download Buku Guru IPA Kelas 9
Buku Guru Kelas 9 Mata Pelajaran IPA ini dapat anda unduh melalui tombol dibawah: