Buku Guru Kelas 9 Mapel IPA Kurikulum 2013 Revisi 2018

you you Follow  20 Jul 2018   6 Mins read
Buku Guru Kelas 9 Mapel IPA Kurikulum 2013 Revisi 2018

Buku Guru Kelas 9 Mapel IPA Kurikulum 2013 Revisi 2018

  • TOC

ArtiPedia - Buku yang dibagikan kali ini adalah buku guru bagi satuan pendidikan SMP (SLTP) mata pelajaran IPA kelas 9 (IX).

Buku Guru Kelas IX IPA

Uraian Keterangan
Mata Pelajaran IPA
Jenis Buku Guru
Model Mata Pelajaran
Satuan Pendidikan SMP (Sekolah Menengah Pertama)
Kelas IX (Sembilan)
Semester Ganjil/1 (satu)
Penulis Siti Zubaidah, Susriyati Mahanal, Lia Yuliati, I Wayan Dasna, Ardian A. Pangestuti, Dyne R. Puspitasari, Hamim T. Mahfudhillah, Alifa Robitah, Zenia L. Kurniawati, Fatia Rosyida, dan Mar’atus Sholihah.
Penerbit Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud
Jumlah Halaman 100 hal
Tahun Edisi Revisi 2018
ISBN 978-602-282-321-6

Isi Buku Guru Kelas 9 Mata Pelajaran IPA

Bagian I: Petunjuk Umum Buku Guru Kelas 9 Mata Pelajaran IPA

Bab 1 IPA Terpadu dan Pembelajarannya

  1. IPA Terpadu
  2. Model Pemaduan Bahan Ajar IPA Terpadu
  3. Pembelajaran IPA Terpadu
  4. Tujuan dan Karakteristik Pembelajaran IPA Terpadu

    Bab 2 Pembelajaran Berbasis Aktivitas dalam Pembelajaran IPA.

  5. Pembelajaran dalam Kurikulum
  6. Scientific Approach (Pendekatan Ilmiah).
  7. Pembelajaran Berbasis Aktivitas.
  8. Ragam Pembelajaran Berbasis Aktivitas pada Pembelajaran IPA

    Bab 3 Penilaian Pembelajaran IPA, Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan .

  9. Penilaian Pembelajaran IPA
  10. Pelaksanaan Penilaian
  11. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

    Bab 4 Pemetaan Kompetensi Dasar dan Materi.

    Bagian II: Petunjuk Khusus

    Petunjuk Pembelajaran Bab 1 : Sistem Reproduksi pada Manusia

  12. Pengantar
  13. Kegiatan Pembelajaran.
  14. Penilaian dan Kisi-Kisi Pencapaian Kompetensi
  15. Materi Pengayaan
  16. Interaksi dengan Orang Tua.
  17. Kunci Jawaban Uji Kompetensi.
  18. Tugas Proyek

dst…

Kegiatan pembelajaran di buku kelas 9 ini didesain untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) peserta didik melalui aktivitas yang bervariasi sebagai berikut.

  1. Membuka pelajaran yang menarik perhatian peserta didik seperti membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, permainan, demonstrasi, memberikan masalah, dan sebagainya.
  2. Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga peserta didik dapat mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
  3. Memantik pengetahuan peserta didik yang diperoleh sebelumnya agar peserta didik bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu dan yang akan dipelajari.
  4. Pemberian tugas yang bertahap guna membantu peserta didik memahami konsep.
  5. Penugasan yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi.
  6. Pemberian kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.
  7. Pemberian umpan balik yang akan menguatkan pemahaman peserta didik.

Pertimbangan

Buku ini dipublikasikan di blog ini bermaksud hanya untuk membantu _guru_, _siswa_ dan _orang tua_ yang tidak memiliki buku tersebut dan memerlukannya untuk proses pembelajaran atau bimbingan baik di sekolah maupun di rumah.

Bagi anda yang berkeinginan mengunduh buku ini niatkanlah dalam hati anda untuk mempergunakannya sebagaimana mestinya bukan untuk diperjualbelikan atau dikomersilkan.

Download Buku Guru IPA Kelas 9

Buku Guru Kelas 9 Mata Pelajaran IPA ini dapat anda unduh melalui tombol dibawah:

Download Baca Online

Bergabunglah bersama ArtiPedia, jadilah kontributor, tuangkan tulisan anda disini. Klik daftar untuk memulai. Kontribusi anda akan sangat berarti bagi pembaca. Terima Kasih...
Revisi halaman ini dengan tombol edit dibawah, bila menurut anda ada yang keliru, ada yang perlu ditambahkan agar isi konten lebih baik lagi. Edit
Tunggu hingga dokumen munculTutup