Buku Guru Kelas 3 Tema 5 Cuaca Revisi 2018

you you Follow  05 Oct 2019   7 Mins read
Buku Guru Kelas 3 Tema 5 Cuaca Revisi 2018

Buku Guru Kelas 3 Tema 5 Cuaca Revisi 2018

ArtiPedia - Buku Kurikulum 2013 dirancang untuk memfasilitasi dan menunjang guru dalam meningkatkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Dimana model pembelajaran melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu dengan berbasis aktivitas yang mendorong siswa untuk mencapai Kompetensi inti dan kompetensi dasar yang telah ditentukan.

Buku guru tematik kelas 3 tema 5 revisi 2018 ini sangat penting bagi guru baik itu dalam menyusun program pembelajaran ataupun dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas lainnya, karena memberikan gambaran yang jelas dan rinci tahapan-tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan nantinya.

Buku Paket Tematik bagi guru Kelas 3 SD semester 1 (satu) Tema 5 (Cuaca) ini merupakan buku paket tematik yang diperuntukkan bagi guru sebagai penunjang pembelajaran. Buku dengan jumlah halaman sebanyak 244 hal. ini merupakan buku cetakan ke 2 (revisi 2018) dan disusun oleh Yun Kusumawati dan Panca Ariguntar serta diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Buku Guru Kelas 3 Tema 5 Cuaca

Uraian Keterangan
Tema Tema 5 : Cuaca
Jenis Buku Guru
Model Tematik
Satuan Pendidikan SD (Sekolah Dasar)
Kelas III (Tiga)
Semester Ganjil/1 (satu)
Penulis Yun Kusumawati dan Panca Ariguntar.
Penerbit Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud
Jumlah Halaman 244 hal.
Tahun Edisi Revisi 2018
ISBN 978-602-427-184-8

Subtema

Buku Guru Kelas 3 Tema 5 Cuaca mencakup beberapa subtema antara lain:

  1. Keadaan Cuaca
  2. Perubahan Cuaca
  3. Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia
  4. Cuaca, Musim, dan Iklim

Isi Buku

Buku Guru kelas 3 semester 1 Tema 3 ini berisi sebagai berikut.

  1. Buku Guru merupakan buku panduan guru dalam melaksanakan aktivitas pembelajaran di kelas. Jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi empat subtema dengan kompetensi dasar (KD) dan indikator dari berbagai mata pelajaran.
  2. Ruang lingkup pembelajaran yang memberikan gambaran tentang kegiatan dan kemampuan yang dikembangkan dalam satu subtema.
  3. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada setiap kegiatan pembelajaran.
  4. Media dan alat pembelajaran yang akan digunakan pada setiap kegiatan pembelajaran.
  5. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran tematik terpadu yang terdiri dari Kegiatan Pembuka, Kegiatan Inti, dan Kegiatan Penutup yang disusun untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
  6. Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
  7. Berbagai teknik penilaian siswa.
  8. Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan.
  9. Petunjuk penggunaan buku siswa.
  10. Struktur penulisan buku semaksimal mungkin diusahakan memfasilitasi pengalaman belajar bermakna yang diterjemahkan melalui subjudul Ayo Berdiskusi, Ayo Membaca, Ayo Menulis, Ayo Mengamati, Ayo Mencoba, Ayo Berlatih, Ayo Bernyanyi, Ayo Renungkan, dan Kerja Sama dengan Orang Tua.
  11. Buku ini dapat digunakan oleh orang tua secara mandiri untuk mendukung aktivitas belajar siswa di rumah.
  12. Berisi materi yang akan dipelajari, aktivitas belajar yang dilakukan anak bersama orang tua di rumah, serta saran agar anak dan orang tua bisa belajar dari lingkungan. Orang tua diharapkan berdiskusi dan terlibat dalam aktivitas belajar siswa. Saran-saran untuk kegiatan bersama antara siswa dan orang tua dicantumkan juga pada setiap akhir pembelajaran.

Kegiatan pembelajaran di buku ini didesain untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) peserta didik melalui aktivitas yang bervariasi sebagai berikut.

  1. Membuka pelajaran yang menarik perhatian peserta didik seperti membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, permainan, demonstrasi, memberikan masalah, dan sebagainya.
  2. Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga peserta didik dapat mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
  3. Memantik pengetahuan peserta didik yang diperoleh sebelumnya agar peserta didik bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu dan yang akan dipelajari.
  4. Pemberian tugas yang bertahap guna membantu peserta didik memahami konsep.
  5. Penugasan yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi.
  6. Pemberian kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.
  7. Pemberian umpan balik yang akan menguatkan pemahaman peserta didik.

Pertimbangan

Buku ini dipublikasikan di blog ini bermaksud hanya untuk membantu guru, siswa dan orang tua yang tidak memiliki buku tersebut dan memerlukannya untuk proses pembelajaran atau bimbingan baik di sekolah maupun di rumah.

Bagi anda yang berkeinginan mengunduh buku ini niatkanlah dalam hati anda untuk mempergunakannya sebagaimana mestinya bukan untuk diperjualbelikan atau dikomersilkan.

Download Buku Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 5

Buku Kurtilas Revisi 2018 ini dapat anda unduh atau baca melalui tombol dibawah:

DownloadBaca Online

Bergabunglah bersama ArtiPedia, jadilah kontributor, tuangkan tulisan anda disini. Klik daftar untuk memulai. Kontribusi anda akan sangat berarti bagi pembaca. Terima Kasih...
Revisi halaman ini dengan tombol edit dibawah, bila menurut anda ada yang keliru, ada yang perlu ditambahkan agar isi konten lebih baik lagi. Edit
Tunggu hingga dokumen munculTutup